SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA RANDUSONGO KECAMATAN GERIH KABUPATEN NGAWI

Artikel

Fundamental Dari Kader-Kader Posyandu Di Tingkat Desa Mampu Mendeteksi Kesehatan Balita Mulai Dini

14 Februari 2023 15:14:14  Totok Pranggono   164 Kali Dibaca  Berita Desa

RANDUSONGO.DESA.ID - Posyandu balita merupakan pelayanan kepada balita dan anak dengan melakukan penimbangan agar bisa dipantau pertumbuhan dan perkembangan balita dan anak. Manfaat posyandu balita adalah memberikan layanan kesehatan anak, imunisasi, dan pemberian makanan tambahan (PMT). 

Kader-kader Posyandu balita Dusun Pencol II, Desa Randusongo, Kecamatan Gerih, Kabupaten Ngawi, melakukan kegiatan rutin bulanan di rumah Kepala Dusun, Lutfi Rodhliyatin, S. Hi, yang selalu bersinergi dengan Tim Tenaga Kesehatan (Nakes) dari UPT Puskesmas Widodaren dan turut serta Babinsa Randusongo, Serda Edi Rinanto. Kegiatan tersebut dimulai dari pukul 08.00 sampai dengan selesai, pada Selasa (14/02) 

Adapun dari beberapa kegiatan yang dilakukan pada kegiatan posyandu balita ini antara lain :

  1. Penimbangan balita dan anak dilakukan tiap bulan di posyandu.
  2. Kegiatan ini berguna untuk mengetahui pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita. Dari penimbangan yang kemudian dicatat di KMS, dari data tersebut dapat diketahui status pertumbuhan balita, apabila penyelenggaraan posyandu baik maka upaya untuk pemenuhan dasar pertumbuhan anak akan baik juga. Selain itu, untuk mencegah bayi dari stunting (Kurang gizi). 
  3. Imunisasi Tenaga Kesehatan (Nakes) dari Pusksmas Widodaren selalu siap memberikan pelayanan terkait imunisasi untuk balita yang sudah terjadwal secara rutin dan berkala serta tercatat di buku KMS.

Macam-macam imunisasi yang diberikan di posyandu adalah,

  • BCG untuk mencegah penyakit TBC. 
  • DPT untuk mencegah penyakit difteri, pertusis (batuk rejan), tetanus. 
  • Polio untuk mencegah penyakit kelumpuhan.
  • Hepatitis B untuk mencegah penyakit hepatitis B (penyakit kuning).

Peningkatan Gizi Dengan adanya posyandu yang sasaran utamanya bayi dan balita, sangat tepat untuk meningkatkan gizi balita. Peningkatan gizi balita di posyandu yang dilakukan oleh kader berupa memberikan penyuluhan tentang ASI, status gizi balita, MPASI, Imunisasi, Vitamin A , pemberian obat cacing, stimulasi tumbuh kembang anak, diare pada balita. Juga dari desa dianggarkan untuk diberikan makanan tambahan yang sudah diverifikasi ahli gizi dari Puskesmas Widodaren pada setiap bulannya", Terang, Bidan Desa (Bides) Randusongo,  Oktin Nurrohmi, S. Tr. Keb. 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Arsip Artikel

 Statistik

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln Raya Geneng Kendal
Desa : Randusongo
Kecamatan : Gerih
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63272
Telepon :
Email : randusongo@ngawikab.id

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:80
    Kemarin:55
    Total Pengunjung:71.565
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.138.141.202
    Browser:Mozilla 5.0