SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA RANDUSONGO KECAMATAN GERIH KABUPATEN NGAWI

Artikel

Pendampingan Ibu Hamil Kekurangan Energi Kronis

21 Maret 2023 18:09:35  Totok Pranggono   152 Kali Dibaca  Berita Desa

RANDUSONGO.DESA.ID -  Dalam menjaga kehamilan saat ini yang harus diwaspadai adalah Kekurangan Energi Kronis (KEK) dengan tujuan untuk mengurangi resiko tinggi ibu hamil terhadap janin (Bayi). Kondisi ini bisa terjadi pada ibu (wanita) di usia normal (subur) yaitu di usia 15 sampai 45 tahun (produktif). 

Langkah dini untuk mengidentifikasi apakah ibu hamil mengalami kurang energi kronik atau tidak adalah dengan menggunakan metode yang sederhana mengukur "lingkaran Lengan Atas" (LILA). “Jika terjadi lingkar lengan atas kurang dari 24 cm, seperti yang di alami warga Dusun Bulu I Rt 002 RW 005 Desa Randusongo, Kecamatan Gerih, Kabupaten Ngawi, Sunarti (22) tahun, Lingkar Lengan Atas hanya 22,5 cm, maka dipastikan hamil mengalami kekurangan energi kronis (KEK)”, Ungkap Bides Randusongo, Oktin. 

Penyebab terjadinya KEK pada umumnya adalah karena kurangnya makanan bernutrisi dan bergizi juga usia kehamilan yang terlalu muda ataupun terlalu tua. 

Umumnya, ibu hamil yang mengalami KEK akan mengalami kekurangan gizi, tubuh mudah lelah, pucat, lemas, dan mengalami kesulitan dalam proses persalinan. Akan tetapi, KEK juga bisa berpengaruh pada janin hingga beresiko tinggi terjadi keguguran, perkembangan janin yang terhambat, cacat janin, bayi premature, hingga kematian bayi.

Wujud kepedulian sebagai Orang Tua Asuh (OTA) dari Kepala Dinas (Kadin) Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Ngawi, Wiwien Purwaningsih, pada Selasa (21/03) di dampingi Bidan Desa (Bides) Oktin Nurrohmi, berkunjung dan memberikan bantuan kepada, Sunarti dengan harapan dapat membantu dan menunjang gizi agar tidak sampai terjadi ibu hamil dengan kekurangan energi kronis (KEK). Serta memberikan wawasan untuk tetap mengkonsumsi makanan yang bergizi dan rajin periksa ke bidan/dokter ( Puskesmas)  untuk memantau kesehatan ibu dan bayi. 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Arsip Artikel

 Statistik

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln Raya Geneng Kendal
Desa : Randusongo
Kecamatan : Gerih
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63272
Telepon :
Email : randusongo@ngawikab.id

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:10
    Kemarin:108
    Total Pengunjung:71.603
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.144.84.155
    Browser:Mozilla 5.0