SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA RANDUSONGO KECAMATAN GERIH KABUPATEN NGAWI

Artikel

Sambatan "Ngebrukne Omah" Istilah di Desa Randusongo

07 Januari 2023 08:20:41  Totok Pranggono   193 Kali Dibaca  Berita Desa

RANDUSONGO.DESA.ID - Tradisi atau yang populer  disebut "Sambatan" adalah kegiatan gotong royong yang sering dilakukan di tingkat pedesaan, seperti yang diadakan  di Rumah Maryam (63), Dusun Pencol II, RT 003 RW 004, Desa Randusongo, Kecamatan Gerih, Kabupaten Ngawi, pada, Sabtu (07/01).

Sambatan sering dilaksanakan ketika ada warga atau tetangga yang akan merubuhkan (Ngebrukne) rumah. Kegiatan ini biasanya dikerjakan pada proses penurunan genteng dan semua di turunkan  sampai total. Kegiatan penurunan kayu penyangga/penopang genteng ini disebut dengan "ngebrukne omah" istilah bahasa sehari-hari yang di gunakan warga Desa Randusongo. 

Sambatan biasanya diikuti oleh seluruh keluarga dan mengundang warga yang berada dalam suatu lingkungan tertentu atau masih dalam satu (Rukun Tetangga) RT.

Tradisi  Sambatan adalah meningkatkan  kekeluargaan dan rasa solidaritas antara sesama warga. Mereka dengan ikhlas memberikan tenaga membantu tetangga  tanpa di bayar sama sekali. Imbal balik dari sambatan atau gotong-royong ini adalah adanya saling bergantian yang sama dari semua warga, sehingga ketika suatu ketika tetangga atau warga bahkan keluarga yang lain juga akan dibantu oleh semua warga di lingkungan RT tersebut. 

Sambatan ini merupakan budaya asli kearifan lokal nenek moyang kita, bahkan budaya sambatan, hampir terlupakan  dan ditinggalkan  karena pengaruh era modern atau perkembangan ekonomi dan kesibukan warga terkait pekerjaan dan lainnya, sehingga tradisi sambatan lambat-laun tergeser seperti kehidupan masyarakat yang hanya berpikir individu.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Arsip Artikel

 Statistik

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln Raya Geneng Kendal
Desa : Randusongo
Kecamatan : Gerih
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63272
Telepon :
Email : randusongo@ngawikab.id

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:44
    Kemarin:145
    Total Pengunjung:71.782
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.224.149.242
    Browser:Mozilla 5.0