SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA RANDUSONGO KECAMATAN GERIH KABUPATEN NGAWI

Artikel

Bimtek Penyusunan Masterplan Smartcity Kabupaten Ngawi Tahap II

11 Juli 2022 13:20:20  Totok Pranggono   202 Kali Dibaca  Berita Ngawi

Pemerintah Kabupaten Ngawi melalui Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian kembali melaksanakan penyusunan masterplant Smartcity pada Senin(11/7/22). Seperti kegiatan sebelumnya, pelaksanaan Master plants masih di kali ini dilakukan di Kurnia Convention Center Jalan Ringroad Desa Beran, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi.

Hadir Pada kesempatan kali ini Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Ngawi, perwakilan Kementerian Kominfo, narasumber, undangan dari organisasi perangkat daerah (OPD) dan undangan dari Forum Operator Website Desa (FORWEBSA).

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Ngawi menyampaikan bila sarana yang diperlukan untuk menunjang smartcity sebagian sudah ada. Namun, untuk pelaksanaan Smartcity masih diperlukan konsep sebagai dasar pelaksanaan.

"Elektroniknya sudah berjalan, sistemnya belum berjalan. Kita akan mengejar integrasi data. Untuk mengintegrasikan data itu perlu waktu dan konsep yang benar-benar tertata," terang Wahyu Sri Kuncoro Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Ngawi.

Selanjutnya, kepala dinas yang juga pernah merangkap sebagai Camat tersebut menyampaikan pentingnya sarana pendukung terlaksananya Smartcity. Sarana pendukung dimaksud tidak hanya sekedar perangkat ITE, namun juga mindset pelaksana Smartcity.

"Pelaksanaan Smartcity tidak hanya sebatas sarana-sarana dukungan dari ITE saja. Namun, perlu penanaman mindset kuat untuk pelaksanaannya," lanjut Wahyu.

Sementara, Andrari Grahitandaru M.Sc sebagai narasumber menyampaikan dasar-dasar Smartcity. Dikatakannya, bila smart city memiliki tiga prinsip yaitu inovasi, teknologi dan kolaborasi.

"Smart city itu konsep pembangunan berkelanjutan, berdaya saing dengan menggunakan tiga prinsip. Yang pertama inovasi, kedua teknologi utamanya informasi dan komunikasi, yang ketiga adalah kolaborasi," terang Andrari Grahitandaru M.Sc.

Selanjutnya, Andrari Grahitandaru M.Sc juga menyampaikan tujuan dari smart city. Secara umum, smart city bertujuan memberikan layanan kepada masyarakat agar merasakan nyaman, mudah, sehat dan makmur.

"Jadi, tujuan smart city adalah memberikan layanan kepada masyarakat agar merasakan nyaman, mudah sehat dan makmur. Dan tentunya ini merupakan kewajiban pemerintah," lanjutnya.

Pada rencananya, Bimbingan Teknis Penyusunan Masterplant Smartcity akan dilangsungkan selama 2 hari, mulai tanggal 11 Juli-12 Juli 2022.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Arsip Artikel

 Statistik

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln Raya Geneng Kendal
Desa : Randusongo
Kecamatan : Gerih
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63272
Telepon :
Email : randusongo@ngawikab.id

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:207
    Kemarin:145
    Total Pengunjung:71.945
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.145.186.6
    Browser:Mozilla 5.0