SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA RANDUSONGO KECAMATAN GERIH KABUPATEN NGAWI

Artikel

Tradisi Undangan "Tahlilan Nyewu" Perangkat Desa Randusongo

13 Maret 2023 13:10:46  Totok Pranggono   160 Kali Dibaca  Berita Desa

RANDUSONGO.DESA.ID - Perangkat Desa Randusongo, Kecamatan Gerih, Kabupaten Ngawi, menghadiri undangan hajatan selamatan (Tahlilan Nyewu). 

Nyewu adalah suatu tradisi hari setelah kematian untuk orang Jawa yang menganut agama Islam. Pada acara ini dilakukan oleh keluarga Bapak Kaeran yaitu tahlilan yang bertujuan untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT agar arwah istrinya yang sudah meninggal diberikan ketenangan, di ampuni dosa-dosanya dan ditempatkan di sisiNya, serta keluarga yang ditinggalkan mendapatkan berkah. Selain itu, di akhir acara "Tahlilan Nyewu" (1000) hari ini di akhiri dengan menyajikan hidangan berupa makan dan berkat (asal-usul) kepada semua perangkat desa.

Tradisi  undanganTahlilan khusus bagi Perangkat Desa Randusongo ini masih kental dan sudah menjadi budaya bagi masyarakat Desa Randusongo. Kegiatan tersebut sudah menjadi kegiatan turun temurun yang dilakukan masyarakat setempat setiap ada hajatan seperti Nyewu (1000) hari meninggalnya istri dari Pengusaha Kayu,PT Rimba Raya, yang dilaksanakan di rumahnya Dusun Randusongo II RT 002 RW 002,pada, Senin(13/03).

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Arsip Artikel

 Statistik

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln Raya Geneng Kendal
Desa : Randusongo
Kecamatan : Gerih
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63272
Telepon :
Email : randusongo@ngawikab.id

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:129
    Kemarin:145
    Total Pengunjung:71.867
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.217.228.35
    Browser:Mozilla 5.0