SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA RANDUSONGO KECAMATAN GERIH KABUPATEN NGAWI

Artikel

Bimtek Penyusunan Masterplan Smartcity Kabupaten Ngawi Tahap II

11 Juli 2022 13:20:20  Administrator  24 Kali Dibaca  Berita Ngawi

Pemerintah Kabupaten Ngawi melalui Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian kembali melaksanakan penyusunan masterplant Smartcity pada Senin(11/7/22). Seperti kegiatan sebelumnya, pelaksanaan Master plants masih di kali ini dilakukan di Kurnia Convention Center Jalan Ringroad Desa Beran, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi.

Hadir Pada kesempatan kali ini Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Ngawi, perwakilan Kementerian Kominfo, narasumber, undangan dari organisasi perangkat daerah (OPD) dan undangan dari Forum Operator Website Desa (FORWEBSA).

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Ngawi menyampaikan bila sarana yang diperlukan untuk menunjang smartcity sebagian sudah ada. Namun, untuk pelaksanaan Smartcity masih diperlukan konsep sebagai dasar pelaksanaan.

"Elektroniknya sudah berjalan, sistemnya belum berjalan. Kita akan mengejar integrasi data. Untuk mengintegrasikan data itu perlu waktu dan konsep yang benar-benar tertata," terang Wahyu Sri Kuncoro Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Ngawi.

Selanjutnya, kepala dinas yang juga pernah merangkap sebagai Camat tersebut menyampaikan pentingnya sarana pendukung terlaksananya Smartcity. Sarana pendukung dimaksud tidak hanya sekedar perangkat ITE, namun juga mindset pelaksana Smartcity.

"Pelaksanaan Smartcity tidak hanya sebatas sarana-sarana dukungan dari ITE saja. Namun, perlu penanaman mindset kuat untuk pelaksanaannya," lanjut Wahyu.

Sementara, Andrari Grahitandaru M.Sc sebagai narasumber menyampaikan dasar-dasar Smartcity. Dikatakannya, bila smart city memiliki tiga prinsip yaitu inovasi, teknologi dan kolaborasi.

"Smart city itu konsep pembangunan berkelanjutan, berdaya saing dengan menggunakan tiga prinsip. Yang pertama inovasi, kedua teknologi utamanya informasi dan komunikasi, yang ketiga adalah kolaborasi," terang Andrari Grahitandaru M.Sc.

Selanjutnya, Andrari Grahitandaru M.Sc juga menyampaikan tujuan dari smart city. Secara umum, smart city bertujuan memberikan layanan kepada masyarakat agar merasakan nyaman, mudah, sehat dan makmur.

"Jadi, tujuan smart city adalah memberikan layanan kepada masyarakat agar merasakan nyaman, mudah sehat dan makmur. Dan tentunya ini merupakan kewajiban pemerintah," lanjutnya.

Pada rencananya, Bimbingan Teknis Penyusunan Masterplant Smartcity akan dilangsungkan selama 2 hari, mulai tanggal 11 Juli-12 Juli 2022.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Arsip Artikel

Statistik Penduduk

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jln Raya Geneng Kendal
Desa : Randusongo
Kecamatan : Gerih
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63272
Telepon :
Email : randusongo@ngawikab.id

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:19
    Kemarin:117
    Total Pengunjung:14.332
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.201.97.26
    Browser:Tidak ditemukan